Peranan  komputer pada dunia Perbankan
Peranan komputer dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah untuk mencari keuntungan atau laba yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa. Penggunaan alat bantu komputer merupakan suatu keharusan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis dan perbankan.
Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses , data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan.
Peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan. Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajetnen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode reader, yaitu  alat untuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer. Penggunaan barcode reader memudahkan pramuniaga melayani pelanggan. Oleh karena alat ini terhubung dengan komputer di kasir dan server maka dapat dilakukan pengecekan basil transaksi setiap saat untuk mengetahui jenis barang, sisa stok, barang-barang yang harus segera diadakan oleh pemilik toko, dan yang penting lagi dapat segera diketahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari transaksi. Semua itu dimungkinkan karena penggunaan komputer dan penerapan program sistem informasi manajemen.
Dalam dunia perbankan, selain untuk menjalankan kegiatan-kegiatan rutin kantor, sistem komputer dapat membantu pelayanan terhadap para nasabah dengan baik. Dewasa ini, hampir setiap bank memiliki sistem on-line yang memungkinkan antara satu  cabang bank dengan cabang lainnya dapat saling berhubungan sehingga dapat membantu para nasabah melakukan transaksi. Misalnya, meskipun rekeningmu tercatat pada bank A di kota Jakarta, kamu tetap dapat melakukan transaksi, seperti menabung, mengambil uang, dan  transfer pada bank A di kota Yogyakarta.  Sistem on-line juga memungkinkanmu untuk melakukan pengiriman uang dari bank A ke bank B (antarbank yang berbeda). Selain itu, pihak bank juga menyediakan fasilitas-fasilitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi berupa Kartu Kredit (Credit Card), Kartu Debit (Debit Card), serta Kartu ATM atau Anjungan Tunai Mandiri yang memberikan kemuclahan para nasabah untuk melakukan hampir semua transaksi dalam berbelanja. Teknologi handphone juga sudah menyediakan layanan e-banking yang memungkinkan transaksi lewat handphone.
Sumber: http://www.karyatulisilmiah.com/manfaat-tik-dalam-berbagai-bidang.html