Sistem Informasi Pada Web Distro

PENDAHULUAN

Sistem Informasi

Sistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan satu dengan lainnya, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu (Mulyadi, 2001). Sistem juga adalah kumpulan dari komponen-komponen peralatan model requirements, function dan interface (Mathiassen, Lars,2000). Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan guna memperbaiki organisasi ke arah yang lebih baik (McLeod, 1998).

Informasi adalah salah satu jenis sumberdaya yang tersedia bagi manajer, yang dapat dikelola seperti halnya sumberdaya yang lain. Informasi dari komputer dapat digunakan oleh para manajer, non manajer, serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan(McLeod, 2001).

Sistem Informasi adalah suatu system dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung orerasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan (McLeod, 2001).

PEMBAHASAN

 

Kebutuhan akan pakaian sudah menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari oleh semua orang. Banyak orang dewasa, remaja maupun anak – anak yang rela pergi jauh hanya untuk membeli pakaian yang mereka sukai, baik dari segi model, warna, bahan maupun jenis pakaian yang diminati. Padahal mereka tidak tahu apakah pakaian yang mereka cari masih tersedia atau tidak. Kebutuhan akan informasi tentang macam – macam pakaian yang terus berkembang ini sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Untuk mengatasi kesulitan atau masalah yang dihadapi tersebut diperlukan perancangan Aplikasi yang tepat, cepat dan akurat, agar kesulitan yang dihadapi dapat diminimalisasi, dan karena hal tersebutlah  kami mengambil contoh sistem informasi pada web distro ini.

Komponen Pada Sistem Informasi Web Distro

 

  • Komponen Input

Input disini termasuk media untuk menangkap data yang akan dimasukan yang  berupa halaman page pada web.

Yang termasuk dalam komponen  ini yaitu :

-   Halaman Input Berita Baju Pada Admin

Pada Halaman ini Berisi form untuk memasukan spesifikasi dari produk yang berupa judul, gambar dan keterangan produk yang akan tersimpan dalam database distro yang kemudian akan menghasilkan output berupa halaman yang akan diterbitkan pada Halaman User Home pada website Distro.

-Halaman Input Produk Pada Halaman Admin

  • Komponen model

-          Pelanggan mengunjungi website untuk melihat daftar produk.

-          Pelanggan dapat melihat informasi produk-produk yang sesuai dengan kriteria pelanggaan itu sendiri

-          Admin mengelola dan mengupdate database setiap waktu dan setiap terjadi perubahan pada database.

Struktur Navigasi Pengunjung

Struktur Navigasi Admin

  • Komponen output

Komponen output di sini berupa halaman web yang  menyediakan konten dari produk –produk yang ditawarkan.

-halaman utama :

Pada saat pengunjung masuk ke web distro ini pengunjung akan melihat informasi dari produk yang ditawarkan.

-

halaman galery :

Halaman ini merupakan arsip dari produk yang ditawarkan

-

halaman  galery detail

Pada halaman ini pengunjung dapat melihat informasi produk secara detil

  • Komponen teknologi

Pada  aplikasi web distro ini menggunakan jaringan internet sebagai media yang mempermudah pengunjung untuk melihat produk yang ditawarkan pada distro ini. Untuk dapat mengakses fasilitas internet harus terlebih berlangganan ke salah satu Intenet Service Provider (ISP) atau yang biasa disebut Penyelenggaraan Jasa Internet.

.

  • Perangkat keras

Hardware berasal dari kata ”computer heard – were”, yaitu mendeskripsikan semua elemen elektronika dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan oleh komputer. Untuk mendapatkan hasil kerja suatu komputer yang mendukung suatu program maka pilihlah perangkat keras yang sesuai dan tepat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan .

  •  Perangkat lunak

Hypertext Preprocessor (PHP)

PHP merupakan bahasa pemrograman berbentuk script yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasil dari pengolahan akan dikirimkan ke klien, tempat pemakai menggunakan browser. Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk web dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya, kita bisa menampilkan isi database ke halaman web. Pada prinsipnya, PHP mempunyai fungsi yang sama dengan script seperti ASP (Actives Server Page), Cold Fusion, ataupun Perl.[Kad01].

MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (Database Management System) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL merupakan perangkat lunak basis data open source yang paling digemari, karena perangkat lunak ini merupakan perangkat lunak basis data yang powerful dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan data.

  • Komponen Database

Database dibuat sebagai media penyimpanan data. Dalam website ini menggunakan database phpMyAdmin dan terdapat 5 buah tabel yaitu tabel admin, tabel artikel, tabel bk_tamu, tabel counter, dan tabel news. Tabel admin memiliki tiga buah field seperti tabel berikut ini:

 

PENUTUP

  • KESIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan analisis dari penelitian yang kami lakukan, berikut simpulan yang dapat kami uraikan:

• Dengan mengaplikasikan sistem informasi  berbasis web ( Web Base ) PT. Sarang Imitasi dapat melakukan promosi / pengenalan produk – produk yang ada secara efisien dan efektif.

• Kemudahan bagi pelanggan untuk dapat memperoleh informasi secara jelas mengenai produk – produk yang ada, sehingga pelanggan tidak perlu datang langsung ataupun menunggu pengiriman informasi produk.

• Dapat mengurangi biaya pengiriman informasi produk dan mendukung system yang telah ada.

Saran atau masukan yang dapat kami berikan untuk menunjang atau pengembangan sistem selanjutnya adalah sebagai berikut:

• Melakukan pengembangan dan penyempurnaan sistem, seperti : penambahan sistem untuk dapat bertransaksi secara online dan penambahan fitur-fitur lainnya untuk melengkapi fasilitas yang telah ada.

• Perlunya upaya publikasi atau mempromosikan Website kepada pelanggan dan dukungan atau pengembangan sumber daya admin untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.